Monday, May 10Selamat Datang Di Blogger Corners
Shadow

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya Wisata Alam Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya Wisata Alam Yang Menarik Untuk Di Kunjungi. Kabupaten kubu raya memiliki banyak potensi wisata yang menarik bagi wisatawan, baik lokal, nasional maupun mancanegara, kabupaten yang yang berdiri sejak 2007 ini memiliki areal  luas wilayah 6.985,20 km², dengan tagline kubu raya menanjak, kabupaten yang saat ini dipimpin oleh bupati Muda Mahendrawan ini terus melakukan program-program kewirausahaan khususunya pada sektor wisata yang ada di wilayahnya. Salah satu tempat wisata yang saat ini cukup dikenal oleh masyarakat adalah wisata hutan albasia yang berlokasi di dusun karya satu desa kuala dua.

Wisata alam hutan albasia merupakan pengeloaan dari lahan dari PT Alas kusuma yang memiliki luas sekitar 3 hektar lebih, penataan dan pemandangan alam yang ada di albasia memiliki daya tarik tersndiri bagi pengunjung, apalagi di sekitar albasia sudah ada pendopo yang bisa mereka gunakan untuk beristirahat sambil menikmati alam bebas, selain sebagai tempat rekreasi, hutan albasia juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan sharing dan diskusi dari berbagai komunitas termasuk komunitas Blogger Kubu Raya yang melakukan kunjungan ke areal tersebut sabtu (13/02/21).

Kilas Balik Wisata Hutan Hutan Albasia Kubu Raya

Seperti yang disebutkan di awal, Hutan albasia merupakan lahan milik PT. Alas kusuma yang terabaikan dan tidak digunakan, melihat potensi yang ada, pihak pemerintah desa kuala dua mencoba melakukan kerjasama dengan pihak pemilik lahan untuk kemudian di kelola dan dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata alam dan diberi nama Hutan Albasia.

Upaya menjadikan sebagai salah satu destinasi wisata kubu raya ini tidaklah mudah, namun dengan upaya keras dan koordinasi antar pihak terkait yang ada, akhirnya hutan dengan luas 3.8 hektar ini di resmikan oleh bupati Muda Mahendrawan pada tanggal 18 januari 2010 yang lalu. Seiring perjalanannya, pengelola wisata terus melakukan berbagai langkah dan renovasi agar mampu membuat pengunjung betah dan menikmati suasana yang ada dalam lokasi tempat wisata di hutan albasia kubu raya.

Tempat Yang Unik Dan Asyik Untuk Bersantai Bersama keluarga

Dengan perjalanan yang tidak terlalu jauh, rombongan komunitas blogger kubu raya tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 wib, suasana yang memang cukup panas, namun dengan semangat yang tinggi para anggota blogger kubu raya ini tetap asyik menikmati suasana yang ada di sekitar hutan albasia, untuk masuk ke lokasi areal, pengunjung dikenakan tarif sekitar 7000 sudah termasuk parkir pada halaman masuk kawasan wisata.

Saat mulai memasuki areal hutan, kita akan berjalan melewati semacam jalan masuk setapak yang dihiasi bingkai- bingkai besi, semantara di kanan kirinya kita bisa melihat pemandangan sawah yang mengahampar luas mengiringi para wisatawan memasuki areal utama kawasan hutan albasia. Tidak berapa lama kita akan masuk pada areal utama, pada areal ini sudah terlihat pohon-pohon yang menjulang tinggi dan dibawahnya kita bisa beristirahat di pendopo-pendopo sederhana yang telah disediakan.

Hutan albasia bisa dikatakan sebagai taman rekreasi, dimana disini banyak tersedia spot-spot yang menarik yang memang disediakan oleh pengelola wisata sebagai tempat foto bersama, walaupun memang beberapa titik masih terlihat adanya pengerjaan renovasi namun tidak menganggu pengunjung dalam menikmati suasana, banyak pengunjung memanfaat momen kunjungan bersama keluarga, namun tampak tidak sedikit juga mereka yang berkunjung adalah kelompok-kelompok komunitas yang memanfaatkan suasana alam sebagai tempat melakukan edukasi bagi kelompok mereka.

Hutan Albasia Kubu Raya Desinasi Wisata Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Kebaradaan hutan albasia sebagai salah satu tempat wisata menarik yang ada di kabupaten kubu raya bukanlah lah isapan jempol semata, hutan albasia memiliki daya tarik tersendiri, disamping di penuhi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi, kawasan ini juga dikelilingi oleh areal persawahan yang luas, sehingga sejauh mata memandang khususnya pada area masuk, kita akan disuguhi lukisan alam yang indah, apalagi di waktu sore hari.

Selain itu hutan albasia juga sering melakukan event-event budaya yang digelar malam hari, memang terkesan unik, dimana kegiatan dilakukan malam hari tentunya sebagian tentu membuat orang bertanya, bukankah ini di dalam hutan ? ya memang benar tetapi areal hutan albasia merupakan tempat rekreasi bukan hutan sebagaimana gambaran pada umumnya, sehingga kawasan wisata ini tidak saja ramai saat pagi maupun sore tetapi juga pada malam harinya.

Agar tidak penasaran, mungkin ada baiknya kita berkunjung langsung ke wisata hutan albasia ini yang terletak di dusun karya dua desa kuala sei raya kabupaten kubu raya, di jamin anda akan betah berlama-lama menikmati suasana alam yang eksotik khususnya sore hari hari menjelang malam, kubu raya semakin menanjak, happy blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *