Cara Efektif mengusir Semut dengan Menggunakan Kapur Bagus

Cara Efektif mengusir Semut dengan Menggunakan Kapur Bagus. Semut dalam islam memang dinyatakan tidak boleh dibunuh, hal ini tercantum dalam beberapa hadist Nabi yang memuat beberapa binatang atau hewan yang tidak pantas atau todak boleh dibunuh, namun tentu saja semut terkadang menjengkelkan pemilik rumah karena kehadiran semut cukup menggangu. Tidak semua jenis semut dalam rumah muncul jika ada makanan yang beraoma manis, kadang serangga ini keluar dan memasuki are yang lembab di sekitar rumah dan berkelompok membuat sarang di sudut-sudut rumah, tanpa kita sadari semakin lama semakin banyak sehingga sangat menganggu lingkungan sekitar rumah kita.

Secara umum semut merupakan sebuah serangga yang terdiri dari 12.500 spesies, sebagian besar hidup dan berkembang di daerah triopis, serangga ini juga disebut hewan sosial karena hidup berkelompok yang anggotanya ribuan semut, mereka hiudp saling “bergotong royong ” dalam membentuk sebuah sarang. Dikatakan hewan sosial karena semut sering dijadikan contoh perilaku dalam kehidupan masyarakat, namun memang keberadaan semut di rumah kita khususnya pada rumah yang baru di bangun seringkali membuat kita kesal, bagi ummat muslim membunuh semut termasuk dilarang jika tidak terpaksa, hal ini memang sudah di kabarkan dalam hadist nabi.

Larangan Membunuh Semut dan Hukum Bolehnya membunuh semut berdasarkan Dalil Agama Islam

Seperti yang kita ketahui, semut adalah salah satu dari 4 hewan yang dilarang dibunuh oleh nabi Muhammad SAW, sesuai dengan hadist nabi ” “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung Hudhud dan burung Shurad.” (HR. Abu Daud, no. 5267; Ibnu Majah, no. 3224; Ahmad 1:332. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Kenapa semut termasuk hewan yang dilarang untuk di bunuh, karena hal ini sesuai dengan dalil Alqur’an  “Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka.” (QS al-Isra: 44). maka hewan semut ini dimuliakan oleh Allah dan diabadikan dalam salah satu surat dalam alqur’an yaitu surah An Naml (semut ) ini adalah fakta secara syariat jika kita memang dilarang untuk membunuh semut.

Namun bagaiamna jika kita merasa terganggu dan merasa jengkel karena adanya semut di rumah kita yang membuat sarang di tempat-tempat tertentu, bahkan menggangu pada sudut-sudut ruangan bahkan mungkin menggerubuti makanan yang ada di dalam rumah kita? berdasarkan nash yang ada dan dibahas oleh para ulama bahwa kita dibolehkan memunuh semut apabila menggangu, ini berdaasarkan dalil umum ” Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu,‘Ya Rasulullah, bagaimana jika ada orang yang hendak merampas hartaku.’ ,“Jangan kau serahkan hartamu.” Jawab beliau. ‘Bagaimana jika dia melawan?’ tanya orang itu., “Lawan balik dia.”, ‘Bagaimana jika dia membunuhku?’ tanya orang itu. “Engkau syahid.” Jawab beliau., ‘Lalu bagaimana jika aku berhasil membunuhnya?’, “Dia di neraka.” Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam., (HR. Muslim 377)

Dari keterangan hadist diatas para ulama menyimpulkan bahwa segala sesuatu yang membahayakan atau menggangu boleh kita mengusirnya, jika tidak memungkinkan maka boleh dibunuh, namun dalam membunuh semut yang menganggu, nabi melarangnya membunuh menggunakan api ” Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa para sahabat pernah singgah dalam salah satu safar beliau. Ternyata beliau melihat ada rumah semut yang dibakar. “Siapa yang membakar ini?” tanya beliau. “Kami.” Jawab para sahabat.Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidak boleh membunuh dengan api kecuali Rab pemilik api (Allah)”. (HR. Abu Daud 5270 dan dishahihkan al-Albani). Dan larangan ini termasuk larangan secara umum tidak boleh membunuh apapun dengan api

Cara Efektif mengusir Semut dengan Menggunakan Kapur Bagus

Kapur Bagus Solusi Aman Mengusir Semut Dan Membasmi Kecoa

Setelah kita ketahui tentang larangan dalam membunuh semut, tentunya kita bertanya bagimana cara agar semut yang ada dalam rumah tidak lagi menganggu khususnya pada tempat yang lembab ? solusinya kita bisa menggunakan kapur bagus atau kapur ajaib, kapur ini merupakan jenis kapur insektisida yang memiliki kadar racun yang sangat rendah tetapi efektif dalam mengusir semut dan membunuh kecoa, jikapun semut ada yang mati itu karena faktor teknis dimana semut memaksa untuk menembus garis yang kita buat dengan menggunakan kapur ajib tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya ? caranya cukup mudah saja, bersihkan terlebih dahulu area yang sering dilalui oleh semut terutama pada sudut-sudut lantai dan garis batas antara dinding dan lantai, gunakan air biasa saja untuk membersihkan jalur yangs ering dilewati oleh semut maupun kecoa, biarkan kering beberapa menit, lalu ambil satu buah kapur bagus, buatlah garis lurus memanjang sepanjang jalur yang akan kita beri penghalang dengan kapur tersebut, ulangi garis tersebut sebanyak 3 x kemudian biarkan beberapa hari.

Untuk area lainnya misalnya sekitar lemari pakaian atau perabot rumah tangga, bualah garis garis memutar atau memanjang pada kaki perabot, sesuaikan dengan bentuk perabot tersebut, ulangi hingga 3 x agar daerah yang kita awasi benar-benar rata dalam pemberian kapur ajiab ini, biarkan beberapa hari, hasilnya kita akan melihat akan tidak ada semutpun yang berani mendekat, jika ada yang memaksa, semut akan mati dan tentunya itu bukan kesalahan kita, karena tujuan kita adalah untuk menghalangi dari gangguan semut bukan membunuhnya, semoga bermanfaat

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] tulisan singkat Blogger Borneo mengenai Cara Mengusir Semut Tanpa Harus Membunuhnya Menggunakan Kapur Bagus. Semoga bermanfaat… […]